Museum History of Java: Kerajaan Mataram Islam di Jawa

Hasil gambar untuk kerajaan mataram islam di jawa

Siapa yang tak tahu sejarah akan Kerajaan Mataram Islam? Hampir semua masyrakat Indonesia mengetahui terkait dengan sejarah Kerajaan Islam yang jaya di tanah Jawa ribuan tahun yang lalu. Sejarah kerajaan Islam ini bisa Anda temukan secara lengkap di Museum History of Java,Yogyakarta.


Tidak hanya menyuguhkan berbagai wisata alam yang  begitu mempesona, Kota Yogykarta kini memiliki destinasi wisata edukasi yang begitu luar biasa. Wisata edukasi ini merupakan Museum History of Java yang memuat berbagai sejarah lengkap yang ada di Jawa.
Mulai dari masa-masa purba, masa-masa kerajaan di Jawa, hingga berbagai perkembangannya, sampai kepada era kita saat ini. Banyak koleksi benda-benda bersejarah yang bisa Anda temukan di museum ini.

Sejarah Kerajaan Mataram Islam di Jawa

Hasil gambar untuk sejarah kerajaan mataram islam di jawa

Salah satu sejarah besar yang ada di tanah Jawa adalah sejarah adanya kerajaan Islam terbesar yang pernah jaya pada masanya dan berhasil menduduki berbagai wilayah di nusantara.
Pada suatu ketika, kondisi di Kerajaan Mataram kian memanas, terkait dengan penerus tahta setelah kematian Hanyakrawati. Hal ini juga mengakibatkan terjadinya pemisahan kerajaan Mataram pada saat itu.
Hingga akhirnya muncullah Pangeran Purbaya, yang merupakan putra dari Panembahan Senopati. Pangeran Purbaya ini berhasil menjadikan Raden Mas Rangsang sebagai Raja di Kerajaan Mataram.
Dengan gagahnya, Pangeran Purbaya siap menghunuskan pedangnya bagi siapa saja yang menentang keputusan dari Raden Mas Rangsang yang kemudian disebut dengan Sultan Agung. Pada masa inilah Kerajaan Mataram berada pada masa kejayaannya.







Pangeran Purbaya yang menjadi sosok terkuat di Kerajaan Mataram siap menjaga kerajaan dari pihak-pihak lawan atau pihak-pihak yang ingin menghancurkan kerjaaan. Bahkan Pangeran Purbaya menolak untuk menjadi Raja dan memilih untuk menjadi pelindung Kerajaan Mataram.
Loyalitas terhadap Kerajaan Mataram ditunjukkannya dengan tetap menjaga kedaulatan Kerajaan Mataram hingga nafas terakhirnya. Di usianya yang semakin tua, ia tetap kukuh untuk menjaga Kerajaan Mataram.
Hingga Sultan Agung digantikan oleh putranya, Pangeran Purbaya juga tetap setia mengabdi dan menjaga kerajaan. Dalam penyerangan kubu pemberontak Trunajaya, Pangeran Purbaya yang masih ikut berperang akhirnya gugur oleh musuh.

Kerajaan Mataram di Museum History of Java

Kisah yang begitu luar biasa dari Pangeran Purbaya beserta kejayaan Kerajaan Mataram di tanah Jawa bisa Anda temukan di Museum History of Java. Dengan koleksi-koleksi bersejarahnya, Anda bisa berimajinasi untuk kembali ke masa berjayanya Kerajaan Mataram.


Bersama dengan guider, Anda juga akan mendapatkan pemaparan yang begitu lengkap, terutama terkait dengan sejarah Kerajaan Mataram. Dengan penjelasan audio dan visual yang menggunakan teknologi canggih, Anda juga akan belajar sejarah dengan begitu menarik di Museum History of Java.




History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java