INILAH KOLEKSI BARANG BERSEJARAH DI MUSEUM HISTORY OF JAVA



Banyak museum di Indonesia yang menghadirkan beragam koleksi menarik. Bahkan di setiap daerah tidak hanya memiliki satu museum. Ada berbagai museum dengan ciri khas tersendiri dan khusus untuk mengkoleksi beberapa barang tertentu. Salah satu museum yang masih terbilang baru dan memiliki banyak keunikan adalah Museum History of Java. Ada beberapa koleksi menarik yang ada di museum ini.

Museum History of Java ini berada di Jogjakarta. Lebih tepatnya berada di daerah Bantul. Museum ini terbilang sangat unik. Apalagi dengan beberapa koleksi yang membuat banyak orang semakin tertarik dengan museum ini.
Koleksi Barang Menarik di Museum History of Java Jogjakarta

Setiap museum pasti memiliki barang koleksi tersendiri. Barang koleksi tersebut juga memiliki karakteristik dan sejarah tersendiri. Museum History of Java ini memiliki banyak sekali koleksi barang yang berbeda kategori. Mulai dari artefak, perabot, cenderamata, hingga perhiasan masa lampau. Semua koleksi barang tersebut bisa dibilang sangat bersejarah.

Deretan Koleksi Barang di Museum History of Java

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa ada beberapa barang bersejarah di museum ini. Berikut ini beberapa koleksi barang unik dan bersejarah yang ada di Museum History of Java.

1. Kayu Berukir Semar


Barang koleksi pertama yang ada di Museum History of Java adalah sebuah hiasan kayu yang berukiran Semar. Ukiran ini memang terlihat sederhana dan mungkin banyak orang yang bisa membuat ukiran ini. Namun ukiran ini termasuk dalam koleksi barang yang berasal dari abad ke 19.

Bahkan ukiran ini memiliki makna tersendiri. Jadi, tidak hanya sekedar ukiran saja. Ukiran Semar ini memiliki makna yang berarti hakikat bagi penganut Kapitayan atau kepercayaannya.

2. Kentongan


Koleksi barang yang selanjutnya adalah kentongan. Benda ini terlihat cukup unik, apalagi ditambah dengan adanya ukiran yang sangat menarik. Kentongan yang ada di Museum History of Java tentunya memiliki ukiran menarik.

Ukiran tersebut terlihat seperti seorang laki-laki dengan kopiah. Kentongan ini diperkirakan ada sewaktu zaman kerajaan Mataram pada abad ke 17. Tentunya benda ini sangat bersejarah, apalagi ditemukan sejak adanya kerajaan Mataram.

3. Lentera


Benda koleksi yang selanjutnya adalah lentera. Benda ini berasal dari abad ke 11 hingga 13 pada masa Kerajaan Kediri, Jawa Timur. Benda yang disebut lentera ini memiliki motif dan ukuran yang sangat unik serta penuh dengan makna.

4. Pataka


Koleksi yang tidak kalah unik adalah pataka. Pataka ini lebih dikenal dengan panji militer yang bentuknya saat ini masih utuh. Pataka ini berasal dari abad ke 13 pada masa Kerajaan Majapahit.

Bentuk pataka ini lebih menyerupai trisula dengan tambahan kepala naga. Inilah yang membuat Museum History of Java terlihat lebih menarik dan unik dibandingkan dengan museum lainnya.

5. Kancip


Koleksi selanjutnya adalah kancip. Benda yang memiliki bahan perak dan besi ini dibuat pada abad ke 18. Bentuk kancip sendiri menyerupai gunting dan bermotif paksi nagaliman. Motif ini lebih dikenal dengan burung berkepala gajak dan membawa senjata berupa trisula.

Sebenarnya masih ada banyak sekali koleksi yang ada di Museum History of Java. Kebanyakan benda yang ada di museum ini memiliki makna dan sangat bersejarah. Hal ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran bagi generasi muda.




History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java