Museum History Of Java Kenalkan Permainan Dakon Untuk Mengenali Tradisi Lokal



Jika anda sedang berkunjung ke Kota Jogja, sebaiknya anda coba untuk mengunjungi salah satu wisata sejarah yang menarik di Jogja, yaitu Museum History Of Java. Museum ini terletak di Kabupaten Bantul. Banyak keunikan dan daya tarik yang disuguhkan oleh museum ini. Salah satunya yaitu anda akan diperkenalkan dengan permainan tradisional yang mungkin sekarang sudah jarang dijumpai, seperti halnya permainan dakon. Nah, di museum ini anda akan diperkenalkan dengan permainan dakon.

Festival Dakon Di History Of Java Museum


Di Museum History Of Java juga pernah diadakan festival dakon. Festival dakon ini akan menjadi momentum dalam mengingatkan serta melestarikan lagi permainan tradisional yang mulai luntur ini. Festival dakon ini juga sesuai dengan kebijakan daerah yang sedang gencar menggiatkan aneka ragam tradisi lokal untuk kalangan generasi muda saat ini.

Memang di dalam mengenalkan permainan tradisional kepada generasi sekarang ini tidaklah mudah. Sebenarnya, permainan tradisonal bisa menjadi bagian tradisi turun menurun itu pada generasi muda. Seperti yang telah kita ketahui saat ini, sebagian generasi tersebut kurang mendapatkan ruang untuk belajar mengenali lebih jauh akan tradisi lokal leluhurnya, diantaranya seperti dakon yang dinilai sarat akan nilai tradisional.


Dari permainan dakon ini, para pemain dapat belajar banyak hal. Contohnya saja belajar sabar ketika lawan mainnya menghitung biji dakon, untuk mengatur langkah permainan. Dakon juga dapat mengajarkan pemain untuk berkonsentrasi sdan juga bersikap jujur ketika menghitung biji dakon, yang dapat menjadi penentu kemenangan.

Adanya festival dakon juga merupakan pintu masuk di dalam mengingatkan pada generasi muda, jika mereka mempunyai dolanan atau permainan lokal yang sarat nilai.

Acara festival dakon yang diadakan di museum History of Java Bantul ini juga untuk memperkenalkan kepada publik potensi destinasi edukasi sejarah, yang dimiliki Museum History Of Java di Bantul.


Museum History of Java juga dikenal menjadi museum modern yang didukung dengan kecanggihan teknologi yang akan digunakan untuk merepresentasikan cerita sejarah Jawa 2,5 juta tahun yang lalu. Di dalam museum ini terdapat ratusan koleksi benda purbakala asli yang asal mulanya dari masa kerajaan. Diantaranya seperti masa kerajaan Majapahit dan Mataran Kuno.



Banyak sekali hal menarik yang bisa anda dapatkan di museum ini, salah satu diantaranya para pengunjung dapat mengunjungi bioskop mini. Di dalam bioskop mini tersebut akan digunakan untuk memutar film sejarah mengenai proses masuknya manusia purba pertama ke bumi Nusantara ini. Film ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi augmented reality tiga dimensi, sehingga yang disajikan disininakan tampak hidup.


Adanya festival dakon ini merupakan salah satu upaya untuk ikut serta dalam melestarikan supaya permainan tradisional tersebut dapat dikenal sampai kapanpun. Dan diharapkan permainan tradisional ini tidak akan hilang tergerus zaman serba digital ini.




History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java