Mengenal Kitab Suci Al-Quran Kuno di History Of Java Museum




History Of Java Museum adalah tempat wisata sejarah berupa museum modern berbasis IT. Nah, di dalam museum ini akan ada cerita mengenai legenda tanah Jawa serta sejarah peninggalan dan juga nilai tradisi budaya. Yang menjadikan museum ini menarik salah satunya karena museum ini adalah museum pertama kali yang ada di Indonesia yang menerapkan teknologi modern.

Perlu anda ketahui, jika tempat wisata yang ada di Jogjakarta ini adalah wahana edukasi yang juga memiliki berbagai macam tempat selfie yang menarik untuk anda semuanya yang berkunjung ke tempat ini. Tak hanya itu saja, disini juga terdapat banyak sekali peninggalan sejarah yang cukup menarik perhatian para pengunjung. Salah satunya yaitu kitab Al Quran kuno.

Kitab Suci Al-Quran Kuno

Hasil gambar untuk museum history of java yogyakarta

History of Java Museum memiliki dua Al-Quran kuno yang kondisinya masih terawat. Diantaranya yaitu Al-quran dari kertas berbahan serbuk kayu. Untuk jenis alquran ini diperkirakan berasal dari abad 16.

Untuk yang selanjutnya yaitu Al-Quran yang ditulis pada lembaran kertas dengan bahan merang atau bahan padi yang telah dihancurkan. Dan tinta yang digunakan yaitu dengan bahan tumbuh-tumbuhan. Diperkirakan kitab ini sudah ada sejak abad ke-17 atau periode kerajaan Mataram Islam. Al Quran ini merupakan koleksi Museum History of Java yang menarik perhatian pengunjung.


Kitab yang kedua ini sudah terlihat lapuk, akan tetapi tulisan yang ada di dalamnya masih terlihat cukup jelas. Untuk kitab suci Al-Quran ini diperkirakan dari era Walisongo. Untuk memperoleh 2 buah Al-Quran kuno itu, maka pihak museum harus menggantinya dengan cara membangun dua buah surau yang ada di kawasan Kaliurang Kabupaten Sleman dan juga di Kabupaten Gunungkidul.




Banyaknya benda-benda bersejarah di Museum History Of Java ini terkadang mengundang pertanyaan para pengunjung. Diantaranya bagaimana barang bersejarah itu bisa ada di tempat ini. Atau banyak yang penasaran dengan keaslian barang sejarah tersebut.

Menjawab rasa penasaran anda semuanya, Kepala Museum History of Java Ki Sutikno mengungkapkan jika sudah ada tim yang khusus yang bertugas untuk mencari benda-benda bersejarah untuk dijadikan sebagai koleksi museum. Setiap benda kuno yang ditemukan juga tidak langsung dibawa ke museum ini. Akan tetapi, benda-benda bersejarah seperti salah satunya Al Quran ini terlebih dahulu akan diteliti dan dikaji makna historis dan juga filosofisnya.

Dari berbagai macam benda kuno yang ada di Museum History of Java ini ada benda yang mendapatkannya yaitu dengan cara dibeli dari orang yang menyimpan sebelumnya. Akan tetapi, ada juga yang diserahkan pada pihak museum tanpa membelinya. Dengan tujuan supaya benda bersejarah tersebut bisa lebih terawat diabadikan di museum.


Bagi anda yang ingin melihat secara langsung Al Quran kuno ini, anda bisa mengunjungi Museum History of Java yang ada di Bantul Yogyakarta. Dapatkan berbagai macam pengetahuan yang menarik di museum ini.



History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java