Mengintip Sejarah Islam di Museum History of Java



Belum lama ini terdapat sebuah museum baru di daerah Jogjakarta. Museum tersebut dikenal dengan History of Java. Museum ini terkenal unik dan mulai populer di berbagai kalangan. Bahkan sudah banyak orang yang mengunjungi museum ini. Banyak wawasan dan pengetahuan yang bisa diambil dari museum ini. Salah satunya adalah sejarah Islam yang ada di Pulau Jawa.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari museum baru ini. Bahkan ada banyak sekali benda-benda bersejarah yang ada di Museum History of Java. Para pengunjung bisa menikmati beberapa koleksi yang dipajang dan juga beberapa film yang akan ditayangkan. Oleh karena itu, para pengunjung bisa berwisata sekaligus belajar.

Bagaimana Sejarah Islam di Museum History of Java


Museum baru yang ada di kawasan Sewon, Bantul ini menyuguhkan banyak sekali koleksi benda bersejarah yang sangat unik. Setiap koleksi memiliki nilai sejarahnya. Bahkan koleksi tersebut merupakan barang peninggalan yang sangat langka dan unik, namun masih utuh.

Tidak hanya barang koleksi saja, museum ini juga memiliki cerita mengenai sejarah Islam di Pulau Jawa. Bahkan ada beberapa bukti dari adanya Islam di Pulau Jawa. Islam juga berkembang di Pulau Jawa dan disebarkan oleh Walisongo. 



Museum History of Java ini memiliki banyak koleksi benda bersejarah yang menggambarkan sejarah Islam yang ada di Pulau Jawa. Mulai dari artefak masa lampu yang identik dengan sejarah Islam seperti cawan bertuliskan kaligrafi. Cawan ini merupakan sebuah peninggalan di zaman Islam. Tulisan kaligrafi tersebut membuktikan bahwa ada perkembangan Islam di Pulau Jawa yang sempat disebarkan oleh Walisongo.

Sejarah Islam di Museum History of Java Melalui Beberapa Koleksi

Selain cawan yang bertuliskan kaligrafi, ada pula peninggalan lain yang mengarah pada perkembangan Islam di Pulau Jawa. Diantaranya adalah sebuah Alquran yang memiliki ukuran sangat kecil. Ukurannya hanya sekitar 2 centimeter. Alquran tersebut juga menjadi bukti bahwa perkembangan Islam di Pulau Jawa sangat pesat karena sudah mengenal adanya Alquran.


Kemudian kerajaan yang menganut Islam adalah Mataram Islam dan Demak. Kerajaan tersebut juga berada di Pulau Jawa. Hal ini membuktikan bahwa dulunya perkembangan Islam juga sampai wilayah kerajaan.

Sejarah Islam yang ada di Museum History of Java ini bisa menjadi sebuah wawasan bagi kalangan milenial untuk mengetahui sejarah. Museum ini juga didesain dengan IT Augmented Reality yang membuat para pengunjung lebih antusias dan tidak bosan.


Museum History of Java ini juga memberikan banyak sekali ilmu pengetahuan. Mulai dari sejarah Islam hingga sejarah terbentuknya Pulau Jawa. Bahkan ada beberapa wawasan mengenai kerajaan yang pernah ada di Pulau Jawa beserta barang koleksinya. Seperti artefak, lukisan, perhiasan, dan yang lainnya.



History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java