Keunikan Koleksi Kentongan di Museum History of Java


Saat kita berkunjung di sebuah museum, pasti anda akan menemukan koleksi-koleksi benda bersejarah yang ada di dalamnya. Pandangan anda pun akan berbeda-beda saat mengetahui nilai sejarahnya. Bagaimana jika dengan keunikan benda bersejarah yang terdapat di Museum History of Java ini? Kentongan dengan usia yang sangat lama dan bentuknya yang berbeda dari kentongan pada umumnya.

Kentongan di Museum History of Java Jogja



Kenapa unik? Karena kentongan ini memiliki bentuk yang menyerupai seorang laki-laki berkopiah. Kentongan yang ada di Museum History of Java ini telah diperkirakan sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Islam, yaitu abad ke 17. Kentongan yang satu ini terbuat dari bahan kayu yang diproses sedemikian rupa oleh tangan-tangan pengrajin terdahulu. Fungsi dari kentongan ini tidak lain adalah untuk memberikan penanda waktu shalat di mushola.

Revolusi Kentongan yang Ada di Museum History of Java Jogja

Lagi-lagi kita belajar banyak hal dari benda bersejarah yang ada di Museum History of Java. Wawasan yang kita dapatkan pun berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Seperti halnya kita belajar dengan adanya nilai yang terkandung di dalam kentongan ini.



Mungkin dulunya, ketika orang-orang hendak pergi ke masjid untuk beribadah, kentongan ini sebagai penanda bahwa segala aktifitas dunia harus segera ditinggalkan dan bergegas untuk melaksanakan kewajiban akhirat kita.

Mungkin adzan saja tidaklah cukup untuk memberikan pertanda datangnya waktu sholat karena suaranya tidak begitu jelas terdengar. Namun dengan adanya kentongan ini, maka seluruh penduduk dapat menerima panggilan sholat. 

Pada saat ini, dikarenakan zaman sudah modern, kentongan telah berevolusi menjadi pengeras suara yang sering kita jumpai di masjid-masjid. Melalui pengeras suara ini, adzan akan terdengar sangat jelas sehingga orang-orang pun akan menyadari jika waktu sholat telah tiba. Meskipun demikian, terdapat beberapa masjid yang masih menggunakan kentongan sebagai penanda waktu sholat, akan tetapi sudah sedikit kita jumpai.


Museum History of Java dengan Segala Jenis Koleksinya

Sungguh patut kita beri penghargaan dengan segala upaya yang dilakukan oleh pihak Museum History of Java ini. Benda-benda bersejarah yang dikoleksi dan dirawat seperti kentongan ini tidak hanya memiliki nilai sejarah saja, melainkan juga nilai budaya dan nilai agama.

Kentongan yang ada di Museum History of Java saat ini memberikan informasi kepada kita bahwa seiring berjalannya waktu agama Islam pun akan berkembang dengan pesatnya. Sebuah penemuan yang unik dan menarik untuk diajarkan kepada generasi bangsa selanjutnya.



History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java