Hiasan Kayu Unik Berbentuk Semar di Museum History of Java




Siapa yang tidak mengenal Kota Yogyakarta. Yogyakarta terkenal akan segudang kelebihan yang dimiliki. Selain sebagai Kota Pelajar, kota ini juga menyediakan berbagai keindahan lokasi wisatanya. Ada banyak tempat wisata yang unik dan menarik yang kental akan budaya Jawa kuno. Saat berkunjung ke Kota Yogyakarta, anda akan menjumpai banyak museum yang berada di berbagai lokasi.


Museum di Yogyakarta sangat terkenal hingga ke pelosok negeri. Salah satu museum yang belum lama dibuka dan sudah terkenal yaitu Museum History of Java. Museum ini memiliki daya tarik yang berbeda dibanding dengan museum lainnya. Keunikan yang menonjol dari museum ini dikarenakan mengedepankan teknologi modern dan kekinian.

Museum History of Java Dilengkapi Teknologi Modern


Museum History of Java dibuka pada awal Desember 2018 lalu. Lokasi wisata ini dulunya hanyalah sebuah kafe yang memiliki nama Pyramid Cafe. Museum ini menjadi destinasi menarik yang belum lama dibuka. Namun, minat pengunjung untuk berdatangan ke lokasi museum tergolong banyak. Museum ini menjadi museum terbaik di Yogyakarta. Hal ini dikarenakan Museum History of Java hadir dengan teknologi modern sehingga terlihat berbeda dari museum yang lainnya.


Tujuannya agar dapat menarik para wisatawan, terutama generasi muda milenial. Biasanya anak muda zaman sekarang sudah tidak tertarik dengan namanya sejarah kebudayaan. Akan tetapi, di museum ini anak muda akan semakin tertarik dan penasaran dengan teknologi yang diterapkan. Meski menggunakan teknologi modern, namun tidak menghilangkan unsur kebudayaan Jawa yang sudah menjadi ciri khas Yogyakarta.

Uniknya Ukiran Kayu Semar di Museum History of Java



Museum History of Java memiliki kurang lebih 200 benda bersejarah dari berbagai zaman. Koleksi benda purba yang unik menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Koleksi-koleksi di museum sudah terjaga dan dirawat dengan baik sehingga sifat keasliannya tetap terjaga. Ada berbagai koleksi menarik yang bisa anda dapatkan di museum tersebut. Diantaranya koleksi artefak, perhiasan, perabot, hingga cinderamata dari zaman dulu.


Salah satu hiasan menarik yang terlihat unik yaitu hiasan kayu yang berbentuk Semar. Sudah banyak diketahui jika Semar adalah salah satu tokoh wayang yang khas dengan adat Jawa. Hiasan kayu ini terlihat unik dan menarik. Kayu ukir berbentuk Semar di Museum History of Java diperkirakan dibuat pada abad 19.

Gambaran ukiran Semar ini diibaratkan sebagai hakikat bagi penganut kepercayaan atau Kapitayan. Ukiran kayu yang berbentuk Semar ini terlihat unik dan menarik. Meski sudah ditemukan beberapa abad yang lalu, keaslian ukiran masih terjaga.


Keunikan benda langka khas budaya Jawa bisa anda dapatkan di Museum History of Java. Meski menggunakan teknologi modern, museum ini mampu menjaga ciri khas budaya Jawa yang dikemas secara modern.



History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java