Museum Empat Dimensi Hadir di Indonesia Shari'a Economic Festival

Masyararakat Surabaya ataupun peserta dalam Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF), bisa mencoba mengunjungi Indonesian Islamic Art Museum. Karena Museum Islam Pertama di Indonesia tersebut tidak sekedar Museum biasa.

Ya disebut demikian sebab museum tidak hanya mengandalkan Koleksi. Tapi juga memanfaatkan Kecanggihan Teknologi. Bisa dilihat secara empat dimensi melalui Smart Phone.

Gambar yang dipasang pihak Museum tak hanya sekedar tempelan biasa. Tapi sudah dilengkapi dengan barcode khusus. Sehingga ketika dicoba lewat sebuah Aplikasi tampilan bisa semakin Nyata.

Zona Diorama Indonesiaan Islamic Art Museum


"Pengunjung harus mengunduh Aplikasi Augmented Reality lebih dahulu. Baru setelahnya bisa terlihat," terang Head of Museum Indonesian Islamic Art Museum Yulianto saat ditemui di pameran.

Indonesian Islamic Art Museum sendiri Lokasinya berada di Kabupaten Lamongan. Tepat di sebelah Wisata Bahari Lamongan (WBL), Kecamatan Paciran. Sementara ini hadir di Surabaya sebagai peserta dari ISEF.

Museum Indonesian Islamic Art Museum baru saja berdiri. Belum Genap Setahun. Karena dibuka Pada 28 Desember 2016 lalu.

Museum ini sebagai wadah khusus bagi benda-benda Peninggalan Peradaban Islam. Tak hanya Indonesia tapi juga MancaNegara.

Secara sederhana museum memiliki Tiga Zona. Zona Pertama adalah tempat pemutaran Film Sejarah Peradaban Islam. "Film ini belum pernah diputar di bioskop mana pun. Kami sesuaikan dengan Referensi dari sumber Sejarah terpercaya," beber Yulianto.


Zona Audio Visual


Kemudian Pada Zona selanjutnya ada benda-benda Peninggalan Sejarah Islam. Mulai Zaman Dinasti Ottoman Turki, Mughal India dan dinasti Shang saat Laksamana Cheng Ho.

Sementara untuk Indonesia juga ada. Seperti saat Zaman Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Demak. Termasuk juga benda Peninggalan Wali Sanga.

Di Zona Ke Tiga pengunjung akan mendapatkan Sajian Diorama. Di dalamnya ada beberapa Miniatur seperti Masjid dan Kapal. "Kami buat lengkap dengan tambahan suara seperti aslinya," Imbuh Yulianto.



Zona Diorama

ISEF sendiri diselenggarakan di Grand City. Sudah berlangsung sejak Selasa (7/11) dan akan berakhir Sabtu (11/11). Para Pengunjung dapat menikmati keseruan permainan dengan mendownload aplikasi AR Board games yang dapat diunduh di Playstore



Para Pengunjung dapat mendownload aplikasi AR Board Games di Aplikasi Playstore


Video Edukasi Sekolah di Indonesian Islamic Art Museum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java