Indonesian Islamic Art Museum Punya Kitab Tafsir Kuno Zaman Walisongo


Kitab tafsir kuno di Indonesian Islamic Art Museum




Kitab Tafsir Kuno di Indonesian Islamic Art Museum - Indonesian Islamic Art Museum memiliki berbagai koleksi kitab tafsir kuno di zaman Walisongo. Kitab kitab tersebut ditulis menggunakan bahasa arab hingga tulisan pegon. 

Pegon atau yang biasanyadisebut arab Jawi merupakan tulisan arab yang berakulturasi budaya dengan bahasa daerah di Indonesia. Huruf pegon ini kabarnya ditemukan oleh salah satu Walisongo, yaitu sunan Ampel.

Kitab tafsir yang warnanya sudah menguning ini teryata usianya sudah lebih Kitab tafsir yang warnanya sudah menguning ini teryata usianya sudah lebih dari satu abad. Isi dari kitab tersebut adalah ajaran-ajaran tentang Islam, seperti sejarah tentang Nabi Muhammad hingga ibadah muamalah sehari-hari, mulai dari mencari ilmu, wudhu, sholat, zakat, puasa dan haji.




Al Qur'an abad ke-17 di Indonesian Islamic Art Museum


Selain itu, adapula Al Qur’an yang biasanya digunakan oleh Santri-Santri Mengaji Pada Abad Ke-17. Kitab tersebut masih menggunakan tulisan tangan  dan pewarnaan hiasan yang ada di Al Qur’an tersebut menggunakan warna-warna dari tumbuhan.

Selain menyimpan banyak kitab tafsir kuno, Indonesian Islamic Art Museum juga  memiliki berbagai wayang dari mataram Islam pada abad ke-19, berbagai alat  musik tradisional pada abad ke-17 an dan masih banyak lagi.


Sementara itu, Indonesian Islamic Art Museum ini memiliki tiga zona utama, yaitu Audio Visual Room yang mempertontonkan Film animasi “The Glorious of Islam, Zona kedua berisi Galeri Koleksi dariKerajaan Islam dunia, seperti Ottoman, Mughal, Dinasti Cina dan berbagai kesultanan di Indonesia. Dan yang terkahir adalah Zona Diorama yang berisi berbagai minatur Peradaban Islam di Indonesia. 

Sementara itu, Harga Tiket Indonesian Islamic Art Museum adalah 15.000 ketika Weekday dan 20.000 ketika weekend Museum Buka Setiap Hari Pada Pukul 08:00 sampai 17:00 WIB. 



Para Pengunjung dapat mendownload aplikasi AR Board Games di Aplikasi Playstore


Video Edukasi Sekolah di Indonesian Islamic Art Museum



Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4840.5800


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java