Mengintip Ke Dalam Indonesian Islamic Art, Museum Islam Pertama di Indonesia


Indonesian Islamic Art Museum - Berkunjung ke Museum akan memberikan Petualangan tersendiri. Pengunjung bisa mengekplorasi Seluk-Beluk Museum dengan berbagai Macam Koleksi yang dapat kita kupas tuntas perihal cerita maupun sejarahnya. Indonesia memiliki banyak Museum keren yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Indonesian Islamic Art Museum.


Indonesian Islamic Art merupakan Museum Islam Pertama di Indonesia yang berlokasi di Kompleks Wisata Bahari Lamongan, Jln. Raya Paciran (Ex. Tanjung Kodok) Lamongan. Museum ini Pertama Kali dibuka pada Tanggal 28 Desember 2016.

Zona Audio Visual Room Indonesian Islamic Art Museum



Indonesian Islamic Art Museum dapat memberikan Gambaran tentang Perkembangan Islam Mulai Pra Sejarah hingga Islam tersebar ke seluruh Penjuru Dunia. Gambaran tersebut dituangkan ke dalam Tiga Zona Utama museum. Pada Zona Pertama kita bisa melihat sebuah Ruangan yang mirip dengan Movie Theater. Zona ini biasanya disebut dengan Audio Visual Room yang menampilkan Video Animasi berjudul “The Glorious Islam.” Dengan Film tersebut pengunjung akan diajak untuk mengingat tentang perjuangan Nabi dan Para Sahabatnya dalam menyebarkan Agama Islam.




Aktivitas pengunjung di Indonesian Islamic Art Museum


Lalu, masuk ke Zona kedua kita bisa melihat sebuah ruangan yang sangat luas dan berisi dengan berbagai Artefak Bersejarah. Artefak-artefak tersebut Diklasifikasikan kedalam 7 Galeri utama, yaitu Galeri Kerajaan Ottoman Turki, Mughal India, Dinasti China, Samudra Pasai, Aceh, Mataram Islam dan Walisongo. Selain itu, di Zona ini juga memiliki berbagai lukisan Raja-Raja dari berbagai Kesultanan Islam hingga berbagai Banner berisi penjelasan atau deskripsi tentang Kerajaan-Kerajaan Islam. Dan berbeda dengan Museum yang pada umumnya tampak sepi, Indonesian Islamic Art Museum akan menyambut para pengunjungnya dengan musik Khas Timur Tengah, yang bisa membuat para pengunjungnya betah berlama-lama.


Pengunjung berfoto di zona diorama Indonesian Islamic Art Museum 


Kemudian masuk ke Zona Tiga (Diorama room : Area Photo Spot), pengunjung bisa merasakan Nuansa China Islam dan Islam di Nusantara. Pengunjung disuguhkan dengan berbagai Replika Peradaban Islam lengkap dengan suara dan latar yang sesuai dengan jenis Replikanya. Seperti replika kapal Cheng Ho disertai dengan latar Pantai dan suara deburan Ombak, Masjid disertai dengan suara Orang Mengaji dan Adzan dan masih banyak lainnya.


Sementara itu, Indonesian Islamic Art Museum buka setiap hari mulai pukul 09:00 – 17:00 WIB. Harga Tiket Masuk Museum adalah Rp 15.000 ketika Weekday dan Rp 20.000 ketika weekend. 


Para Pengunjung dapat mendownload aplikasi AR Board Games di Aplikasi Playstore


Video Edukasi Sekolah di Indonesian Islamic Art Museum






Replika Kapal ChengHo





Information & Reservation Center
W.a C.s.0857.4840.5800

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java