Mengenal Berbagai Jenis Wayang di Museum Islam Indonesia ( Indonesian Islamic Art Museum )


Wayang Krucil Seloguno di Indonesian Islamic Art Museum


Indonesian Islamic Art Museum – Jika mengunjungi Lamongan, jangan lupa untuk mampir ke Indonesian Islamic Art Museum yang terletak di Kompleks Wisata Bahari Lamongan, Jl. Raya Paciran (Ex. Tanjung Kodok). Museum Islam Pertama di Indonesia ini menyimpan berbagai Koleksi Benda-Benda Islam Bersejarah Nusantara, seperti berbagai Jenis Wayang dari Kerajaan Mataram Islam Pada Sekitar Abad Ke-19 an.


Berbagai wayang tersebut meliputi Wayang Krucil Seloguno, Wayang Kulit, Wayang Golek, Wayang Tengul dan masih banyak lainnya. Wayang-Wayang tersebut berasal dari Mataram Islam Pada Sekitar Abad Ke-19. 


Dari Bahasa Jawa, Wayang sendiri diistilahkan Sebagai “Bayang”, mengacu pada sebuah Theater Tuturan yang menggunakan teknik bayangan dan Efek Cahaya yang diiringi oleh Musik Gamelan. Kata Wayang juga sering mengacu Pada Boneka Wayang itu sendiri. Boneka tersebut dikendalikan dan disuarakan oleh “Dalang” dalam Pertunjukan yang dapat berlangsung Selama berjam-jam.




Wayang Tengul di Indonesian Islamic Art Museum

Dalam Islam, Wayang dijadikan sebagai Media Dakwah Oleh Para Wali, terutama Sunan Kalijaga. Dahulu, Para Wali sering melakukan Pertunjukkan Wayang yang dilakukan di Masjid-Masjid, dan Setiap Pengunjung yang ingin menyaksikan harus Berwudlu dan membaca Dua Kalimat Syahadat terlebih dahulu. Sunan Kalijaga sampai membuat Parit Kecil yang dialiri air di Area Masjid untuk masyarakat yang ingin menonton agar Berwudlu terlebih dahulu.


Dalam melakukan pertunjukan Wayang juga dilakukan penyisipan Islam yang dilakukan tahap demi tahap, mulai dari Tokoh, Kalimat-Kalimat dalang dan Jalan Cerita yang dibawakan. Jadi Dalam Pertunjukan Wayang Para Wali mengajak atau menyeru masyarakat untuk Beragama Islam.

Sementara itu, selain Benda-Benda Bersejarah Nusantara, Indonesian Islamic Art Museum juga menyimpan berbagai Peninggalan dari Kerajaan Islam di Luar Negeri, seperti Ottoman Turki, Mughal India, Dinasti China dan masih banyak lainnya. 


Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4840.5800


Para Pengunjung dapat mendownload aplikasi AR Board Games di Aplikasi Playstore


Video Edukasi Sekolah di Indonesian Islamic Art Museum



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java