Tempat Mencuci Keris di Museum History of Java


Mungkin benar, seperti yang ada di dalam pikiran anda jika kita membicarakan mengenai tempat mencuci keris. Pasti sempat terlintas pandangan yang berkaitan dengan hal-hal gaib dan mistis. Namun, tempat mencuci keris yang akan kita gali informasi sejarahnya ini adalah koleksi benda zaman dulu yang sekarang langka di Museum History of Java. Sehingga hal-hal yang demikian tidak perlu untuk ditakutkan.


Terkadang kebiasaan-kebiasaan, tradisi maupun adat yang sering kita lakukan merupakan bentuk kegiatan turun temurun dari para leluhur. Jika di zaman sekarang tradisi itu ada bukan berarti di zaman dulu tidak ada, malah bisa sebaliknya. Hal ini didasari dari adanya salah satu peninggalan benda bersejarah yang ada di Museum History of Java, yaitu tempat mencuci keris.Tempat mencuci keris atau juga disebut dengan jamasan ini telah berusia berabad-abad lamanya. Tidak heran dengan usia benda bersejarah ini, karena penemuannya pun berasal dari abad ke 18. Namanya saja tempat mencuci keris pasti fungsinya digunakan untuk membersihkan dan merawat keris agar tetap terjaga dengan baik. Pihak Museum History of Java pun terus berupaya menjaga keberadaan tempat mencuci keris ini.

Keterkaitan Tempat Mencuci Keris dengan Tradisi Saat Ini


Cara merawat keris sudah lama dilakukan sejak zaman Kerajaan Majapahit. Teknik yang dilakukan pun sangatlah unik. Selain tempat mencuci keris, bahan pelengkap lainnya pun juga dibutuhkan seperti jeruk nipis, batu bara, dan sabut kelapa. Perawatan keris semacam ini dilakukan untuk menghilangkan noda maupun karat.



Saat ini pun kebiasaan merawat keris telah menjadi sebuah tradisi, terutama orang-orang yang memiliki kepercayaan spiritual mengenai adanya keris. Mungkin dulunya keris dirawat karena fungsinya sebagai senjata untuk berperang. Maka dari itu, muncullah tempat mencuci keris. Namun, di zaman yang sudah modern ini, keris tidak seperti fungsinya zaman dulu, melainkan hanya digunakan sebagai koleksi atau benda warisan.


Melestarikan Tradisi melalui Nilai Sejarah Tempat Mencuci Keris


Jika sebelumnya sudah dijelaskan bahwa adanya tempat mencuci keris ini ada sejak tradisi merawat keris di Kerajaan Majapahit, maka tradisi jamasan yang sering kita dengar merupakan sebuah pelestarian tradisi zaman dulu. Agar kita selalu bersikap positif dengan tradisi yang ada di masyarakat saat ini, kita dapat belajar dari nilai sejarah yang terkandung dalam tempat mencuci keris di Museum History of Java.




Terdapat banyak sekali benda-benda peninggalan bersejarah lainnya yang tersimpan dan terawat di Museum History of Java. Salah satunya adalah tempat mencuci keris ini. Benda ini terpampang apik untuk kita lihat dan kita kenal guna mempelajari tradisi maupun kebiasaan orang-orang pada zaman dulu.




History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java