MERIAM TANGAN MAJAPAHIT SALAH SATU KOLEKSI MUSEUM HISTORY OF JAVA




Museum History of Java cocok sekali untuk tempat liburan keluarga dan anda semua yang ingin belajar mengenai sejarah tanah Jawa. Di dalam museum ini terdiri dari 5 ruangan yang semuanya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Ada banyak koleksi benda-benda bersejarah yang tersimpan di dalam museum ini semuanya bisa anda ketahui informasi lengkapnya saat mengunjungi Museum History of Java.

Koleksi History of Java Museum


Museum ini terdiri dari 5 ruangan mulai dari ruang teater. Ruang koleksi yang berisi berbagai benda-benda sejarah kuno. Ruang pavilion yang berisi tentang sejarah kerajaan yang ada di Jawa. Ada pula ruang pertunjukan 4D dan juga ruang diorama serta tempat swafoto dengan teknologi 3D. 

Bila kita masuk ke ruang koleksi, maka disana terdapat berbagai macam benda-benda kuno dan bersejarah. Seperti boneka makam, Pataka Dwija Nareswara, piring Dinasti Ming dan masih banyak lagi koleksi lainnya. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah Meriam Tangan Majapahit yang termasuk dalam koleksi Museum History of Java.

Meriam Tangan Majapahit 


Selama ini mungkin yang diketahui banyak orang adalah nenek moyang kita merupakan pelaut handal. Tapi apakah anda juga tahu bahwa nenek moyang kita ternyata mempunyai teknologi tinggi dalam bidang persenjataan.

Sebuah fakta yang mengejutkan bahwasanya ditemukan meriam kuno yang setelah dilakukan penelitian berasal dari Indonesia, lebih spesifiknya dari Kerajaan Majapahit. Nama meriam ini dikenal dengan Meriam Tangan Majapahit atau Cetbang. Ternyata meriam yang memiliki ukuran kecil ini banyak sekali keunggulannya jika dibandingkan dengan senjata yang sama milik Eropa yang selama ini dinilai lebih unggul.

Meriam ini tidak seperti meriam Eropa yang dibuat dari besi cor yang mudah berkarat. Tetapi meriam ini dirancang oleh Mpu Nala dan juga Patih Gajah Mada dari perunggu. Dengan begitu, bisa tahan lama dan anti karat. Selain itu, ruang dan tabung pelurunya dimasukkan dari belakang. Dipicu dengan hentakan atau sumbu api bukan dengan cara disulut. Desain ini membuat senjata menjadi tahan terhadap cuaca. Walaupun hujan badai, meriam ini dapat digunakan dengan baik.

Setiap kapal perang Majapahit yang dilengkapi dengan senjata meriam Jawa disebut dengan Cetbang Majapahit. Pandai besi yang telah mengecor meriam tersebut ada di Blambangan. Cetbang Majapahit merupakan karya Mahapatih Gajah Mada yang pernah diasuh tentara Mongolia atau Tartar. Sekarang anda bisa melihat seperti apa Meriam Tangan Majapahit itu di Museum History of Java.


Bukan hanya Meriam Tangan Majapahit saja, anda juga bisa menemukan berbagai macam benda bersejarah yang dipajang di dalam diorama Museum History of Java ini. Bila sudah puas untuk melihat berbagai macam benda bersejarah yang ada di museum, anda bisa berburu foto yang instagramable di spot selfie 3D. Semuanya sangat menarik dan membuat anda tidak pernah bosan saat mengunjungi History of Java Museum.



History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java