Kekayaan Sejarah Di History Of Java Museum




Salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Jogja yang wajib anda coba kunjungi yaitu History Of Java Museum. Di museum ini kita akan mengenal banyak sekali bukti-bukti sejarah secara nyata. Bukti peninggalannya pun banyak yang bisa dijumpai disini. Kecintaan mengenai budaya adalah ide dari hadirnya museum tanah Jawa ini. Para pengunjung juga dapat mengetahui legenda tanah Jawa dalam nilai serta tradisi yang eksotik.

Tak hanya itu saja, di sini para pengunjung nantinya akan disuguhi dengan berbagai macam pengetahuan mengenai sejarah terbentuknya Pulau Jawa sampai dengan kerajaan yang pernah ada di Pulau Jawa ini. History Of Java Museum ini hadir untuk mencoba memberikan edukasi dengan kekinian. Didukung dengan aplikasi teknologi informasi diharapkan masyarakat terutama anak muda dapat lebih tertarik berkunjung dan masuk ke museum

Lokasi Museum History Of Java

Untuk anda semuanya yang ingin mencoba berkunjung ke History Of Java Museum, maka lokasinya berada di Jalan Parangtritis Km.5,5 Sewon Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kekayaan Sejarah Museum History Of Java

Pada saat anda semuanya berkunjung di tempat wisata sejarah Museum History Of Java, maka anda bisa menjumpai kekayaan sejarah Pulau Jawa atau berbagai macam barang yang ada kaitannya dengan sejarah tersebut. Apa saja kekayaan sejarah yang bisa kita jumpai? Simak ulasannya!

1. Tempat Cuci Keris


Kekayaan benda bersejarah yang bisa anda dapatkan saat berada di Museum History of Java yaitu adanya jamasan atau tempat mencuci keris yang diperkirakan ada sejak abad 18. Benda yang disebut dengan jamasan ini fungsinya yaitu untuk menghilangkan noda atau karat dari sebilah keris.

Tempat mencuci keris tersebut juga hadir dengan kelengkapan lainnya. Diantaranya seperti sabut kelapa, batu bata, jeruk nipis, dan lain sebagainya. Untuk cara yang dilakukan dalam  merawat keris yaitu seperti yang dilakukan sejak zaman Majapahit.

2. Kentongan Kayu


Saat menjelajahi museum ini, nantinya anda juga akan menjumpai kentongan kayu yang dibuat dengan bentuk sosok laki-laki yang menggunakan kopiah. Kentongan kayu ini kiranya dibuat pada masa Kerajaan Mataram Islam di masa abad 17. Benda kuno ini cukup unik dan menarik perhatian para pengunjung.

3. Hiasan Kayu

Selain itu, ada juga hiasan kayu dengan sosok Semar dan sulur tanaman. Diperkirakan hiasan kayu ini dibuat dari abad 19. Semar ini digambarkan sebagai hakikat yang memiliki kepercayaan kapitayan.

4. Kancip


Tahukah anda apa kancip itu? Benda kuno yang bernama kancip ini memiliki bentuk yang menyerupai gunting. Benda yang dibuat dengan menggunakan bahan perak dan besi ini diperkirakan dibuat sejak abad 18-19. Pada zaman dahulu, kacip dipergunakan untuk pelengkap makan sirih.

Berbagai macam peninggalan sejarah di Museum History Of Java ini dikemas secara modern dengan menggunakan teknologi AR. Yang mana, nantinya para pengunjung bisa mengaksesnya lewat smartphone android. Inilah kekayaan sejarah di Museum History of Java yang bisa anda jumpai.



History Of Java Museum
Information & Reservation Center

W.a C.s.0857.4822.8300

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Bahari Lamongan – Alamat, Harga Tiket, Jam Buka dan Wahana Permainan Terbaru

4 Wahana Baru WBL Cobain Deh 4 Wahana Baru di Wisata Bahari Lamongan ini! Dijamin Liburanmu Akan Terasa Lebih Menyenangkan!

Mengetahui Sejarah Berdirinya Museum History of Java